2005/12/26

setahun tsunami

Mengenang 1 tahun kejadian Tsunami...

Gak terasa ya...kaya' baru kemaren aja kejadiannya.
Kalo ngeliat pertama kali kejadiannya, ancur abis...(walaupun ngeliatnya cuma di tipi).

Gue dateng ke sana pertengahan Juli, sudah keliatan perbaikan sana-sini. Gue udah ngeliatin tempat2 yg bener2 kacau, ampe yg satu kampung rata ama tanah. Gue dateng ngeliat kerjaan Rotary (udah kaya' supervisor aja), tapi gue juga bantu2.
Trus banyak juga NGO yg dateng kesono, dgn peralatan yg canggih2, kendaraan yg keren2 (gue ngeliatnya ampe terkagum2). Terkesan kaya' daerah yg abis kena perang.
Gue juga dateng ke satu daerah, namanya Calang. Daerah ini - katanya - daerah yg paling parah akibatnya. Ya itu tadi, satu kampung rata ama tanah.
Disitu juga tempat yg paling keliatan org2 dari NGO-NGO. Gak ada tuh yg namanya mobil kijang, ato sejenisnya. Land Cruiser, Cherokee, Strada, dan kendaraan dgn cc yg besar lainnya banyak seliweran. Peralatan didalamnya juga canggih2. Apalagi yg dari UN. Wuih...keren abis...Gila juga nih orang2.

Sampe gue pulang dari Aceh, udah banyak yg dibangun. Rumah2 penduduk, fasilitas umum, kantor2, dll, udah pada dibangun.
Kita juga gak kalah, kita udah bangun fasilitas utk sekolahan, rumah guru, distribusi air (bikin saluran air), bahkan ampe kegiatan utk ngebantu ibu2 kaya' workshop masak, bikin kue, trus ngebantu kerajinan tangan yg hampir ilang kaya' sulaman benang emas, ngebantu kerajinan songket Aceh, dll...dll... banyak deh.
Sekarang Aceh lagi masa rekonstruksi. NGO-NGO, LSM-LSM, badan pemerintah, dan semua masyarakat Indonesia masih bantu2 memulihkan Aceh dan Nias.

Yaaahhh...semoga Aceh dan Nias cepat kembali seperti semula...

No comments: